NAJDORF DAN SOZIN



Lovepassword dipostingan Najdorfnya Judith Polgar menanyakan....

" Apa bedanya sicilian najdorf dengan sicilian Sozin...?

Sebelumnya mohon maaf karena baru sekarang pertanyaannya bisa dijawab...

Pembukaan catur banyak jenisnya, ada ruy lopez, gambit raja, italia yang mewakili jenis pembukaan terbuka.
Sisilia termasuk jenis pembukaan catur dengan kategori setengah terbuka, untuk membedakan mana yang terbuka dan mana yang setengah terbuka kita tinggal melihat jawabannya hitam ketika menjawab langkah dari putih.

Bila putih pada langkah pertama adalah e4 dan dijawab hitam dengan langkah e5. Pembukaan ini langsung di kategorikan pembukaan terbuka.
Bila hitam menjawab langkah putih e4 dengan jawaban selain e5, pembukaan tersebut langsung dikategorikan pembukaan semi terbuka.

Pada pembukaan sisilia yang macamnya sperti sisilia sveshnikov, sisilia richter rauzer, closed, najdorf, sozin, alapin dll. Yang kesemuanya tercantun dalam 500 ECO( Encyclopedia of Chess Opening ). Sisilia ini masuk ke B20-B99.
Nah sekarang kita fokuskan pada variant najdorf dan variant sozin.

Perbedaanya najdorf dan sozin secara garis besarnya terletak pada variant langkah sicilian ini. Seperti yang kita tahu bahwa yang namanya sicilia adalah pembukaan yang dimulai dengan langkah e4 oleh putih dan dijawab hitam dengan langkah c5.
kalo untuk najdorf langkah2nya adalah :
1. e4 e5
2. Nf3 e6
3 .d4 cxd4
4 .Nxd4 Nf6
5 .Nc3 A
6.Bg5

Dan pembukaan ini sesuai dengan namanya ditemukan oleh Miguel Najdorf asal Argentina kelahiran Hongaria yang dijuluki GM 3 zaman.

Pembukaan yang seru, penuh saling serang antara hitam dan putih.Menampilkan pertarungan saling serang antara hitam dan putih..Seringnya hitam menyerang putih lewat sisi sayap menteri.Sedang putih menyerang lewat sayap Raja.Untuk ECO sisilia ini adalah B89-B99.
Pembukaan ini sangat disukai Kasparov dan juga Judith Polgar tentunya.

Sedangkan Untuk Variant Sozin langkahnya adalah
1.e4 c5
2.Nf3 d6
3.d4 cxd4
4.Nxd4 Nf6
5.Nc3 a6
6.Bc4 .

Sozin divariantkan oleh GM Veniamin sozin .
Variant sisilia ini pernah populer sewaktu zamannya fischer, malahan fischer ikut menambahkan variant ini, sehingga muncullah istilah fischer-sozin attacck yang terkenal.



Sicilia sozin sendiri irama permainannya seperti sisilia yang lain. Cuma kebanyakan pertempuran dipusat papan dan sayap raja. Untuk ECO nya adalah B88.

NB:
*Dari berbagai bentuk pembukaan tersebut, namanya akan berubah kalo ada yang memperbarui lagi.

Kayaknya cuma itu yang bisa disampaikan.
Salam....


Cetak Halaman Ini

post signature

Postingan terkait:

Ditulis Oleh : ali afif ~ Ali Afif Hora Keren

Tulisan NAJDORF DAN SOZIN ini diposting oleh ali afif pada hari Jumat, 24 April 2009. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca Tulisan ini di Blog Ali Afif, Bukan Blogger terbaik Indonesia ataupun Legenda Blogger Tegal, Blogger keren ya Bukan. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: support to buwel ! ::

Loading...
Comments
49 Comments